<noscript><body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7686965\x26blogName\x3dLoving+Lovely+Love...\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dTAN\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://clodi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3dfr_FR\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://clodi.blogspot.com/\x26vt\x3d-6057690938476466135', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script></noscript>
 

vendredi, février 18, 2005
jangan sisakan makananmu
"semir, Oom?" seorang anak berpakaian lusuh menawarkan jasanya untuk menyemir sepatu. tapi waktu itu hujan, jadi Bébé agak enggan untuk membiarkan sepatunya disemir anak itu. karena tentu saja akan percuma, tokh sebentar kemudian akan terpercik genangan air waktu berjalan menuju tempat parkir dari pondokan kios-kios makanan itu.

sedih juga melihat sekelompok anak-anak itu, beberapa menenteng tas plastik, dan beberapa lainnya tidak memegang apa-apa. aku memandangi mereka dengan perasaan serba salah. waktu dulu, aku pernah mencoba memberikan sereceh-dua receh koin pada satu-dua anak, tapi tidak sampai semenit kemudian, aku sudah dikerubuni oleh belasan anak, meminta jumlah yang sama.. dan dengan berat hati aku menolak memberi lebih. rasanya memang serba salah menghadapi mereka. usia mereka cukup beragam, namun lebih banyak usia sekitar 8-10 tahun bahkan mungkin lebih tua dari itu hanya karena kekurangan makan, dia jadi terlihat tidak bertumbuh. bisa jadi.

dalam hati aku bertanya-tanya, adakah orang yang menyuruh mereka meminta-minta? atau ini memang keinginan mereka sendiri? pernah beberapa kali aku mencoba berdialog dengan mereka, tapi jawaban yang mereka berikan agak simpang-siur, sehingga sulit untuk kupegang. benarkah yang mereka katakan? beberapa mengatakan mereka sekolah dulu pagi harinya, setelah pulang sekolah mereka lalu bergabung dengan yang lain mengemis di tempat itu. beberapa yang lain, dengan mimik murung, bercerita kalau ibunya sakit keras. terdengar klise, yah?

sepintas memang sulit membedakan siapa diantara mereka yang benar-benar butuh dan siapa yang hanya ikut-ikutan karena penampilan mereka hampir serupa. lusuh. kurus. dekil. lalu kupikir, gimana yah caranya?

saat beberapa orang di pondokan sebelah kami beranjak, mereka langsung berebutan mengambil sisa makanannya. kupikir, kalau sudah begini maka hukum rimba lah yang berlaku. siapa yang kuat, dia yang mendapatkan makanan lebih banyak. tapi aku salah, seorang anak yang bertubuh paling kecil berhasil menguasai beberapa makanan sisa, dan membaginya pada beberapa temannya yang terlihat paling kelaparan. dan, si anak yang terlihat paling lemah itu pun masih mau membagikan setengah dari setusuk sate yang diperolehnya itu kepada temannya yang lain. lalu mereka kembali bermain-main... tertawa....

aku terharu melihat kebersamaan mereka. lalu aku berfikir, kalau lain kali makan di tempat itu, aku akan menyisakan makananku...
posted by clodi @ 10:37  
0 Comments:
Enregistrer un commentaire
<< Home
 
 

after he took my hand and promised to share his life with me, i amazed that my life finally went straight to his heart..
after she's born, i learned to love my life..
the way they moved, the way they cried, the way they laughed, the way they did everything.. gave me strenght, gave me spirit, gave me hope!
i dedicate my life to the loving father and my lovely baby..
bisous!
About Me

Name: clodi
Home: South Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
About Me: ..an absurd human being sophisticated in her moods, having a horse sign reflecting elegance, independence, friendliness, and loyalty... yet helpful and constantly on the move, also enjoys experimenting with new things or meeting new people.
want to know me better?
Previous
Archives
Daily Clicks

Kutamitami-Lenteraku
UjungjariKu-BEBE
Blogger Family
Blogger Online Magazine

Media Box


| View Show | Create Your Own

Fellowship
Credits

Free Blogger Templates

BLOGGER